• Selasa, 24 Mei 2022

Waspadai Tandanya! Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut pada Anak Menurut Kemenkes

- Selasa, 10 Mei 2022 | 08:00 WIB
Waspadai Tandanya! Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut pada Anak Menurut Kemenkes. (Pixabay)
Waspadai Tandanya! Ini Gejala Penyakit Hepatitis Akut pada Anak Menurut Kemenkes. (Pixabay)

WARTA NASIONAL - Adanya penyakit hepatitis akut pada anak ini membuat siapa saja harus waspada, khususnya bagi para orang tua. Kasus hepatitis akut yang tidak dapat dijelaskan pada anak-anak mulai ditemukan di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

WHO telah menetapkan penyakit hepatitis akut pada anak yang belum diketahui penyebabnya sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) pada 15 April 2022.

Penyakit hepatitis akut ini telah menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia. Untuk Indonesia, kasus hepatitis akut mencuat ketika tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya meninggal dunia.

Kasus meninggal tiga pasien anak ini terjadi dalam kurun waktu yang berbeda dengan rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Baca Juga: Hasil Pertandingan Fiorentina vs AS Roma Skor 2-0 Pada Laga Serie A 2021/2022

Lalu seperti apa gejala dan cara penularan hepatitis akut pada anak ini? Berikut penjelasan tentang gejala dan cara penularan hepatitis akut pada anak, dirangkum dari berbagai sumber.

Penyebab penyakit hepatitis akut pada anak

Hingga saat ini, penyebab hepatitis akut pada anak masih belum diketahui. Menurut data WHO, Pada 21 April 2022, setidaknya 169 kasus hepatitis akut yang tidak diketahui asalnya telah dilaporkan dari 11 negara di Eropa dan Amerika. Virus umum yang menyebabkan hepatitis virus akut (virus hepatitis A, B, C, D dan E) belum terdeteksi dalam kasus-kasus ini.

Adenovirus telah terdeteksi dalam setidaknya 74 kasus, dan dari jumlah kasus dengan informasi pengujian molekuler, 18 telah diidentifikasi sebagai tipe F 41. SARS-CoV-2 diidentifikasi dalam 20 kasus yang diuji. Selanjutnya, 19 terdeteksi dengan koinfeksi SARS-CoV-2 dan adenovirus.

Halaman:

Editor: Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jembatan Kali Petung di Desa Satriyan Batang Terputus

Minggu, 28 Februari 2021 | 09:31 WIB
X