• Kamis, 29 September 2022

Bertambah Tiga Provinsi Baru, Indonesia Resmi Memiliki 37 Provinsi. Berikut Daftar Lengkapnya

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:05 WIB
Gubernur Nova saat menyerahkan Tanah dan Air yang dibawa dari Aceh ke calon ibu kota baru negara kepada Presiden RI, Joko Widodo.  (Foto/Setneg)
Gubernur Nova saat menyerahkan Tanah dan Air yang dibawa dari Aceh ke calon ibu kota baru negara kepada Presiden RI, Joko Widodo. (Foto/Setneg)

WARTA NASIONAL - Hasil pemekaran provinsi baru di Papua, mulai 30 Juni 2022, Indonesia resmi memiliki 37 provinsi.

Jumlah ini bertambah tiga, dari yang semula hanya 34 provinsi di Indonesia kini menjadi 37.

Tambahan tiga provinsi baru itu dari hasil pemekaran Provinsi Papua. Yaitu Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan.

Baca Juga: 10 Link Twibbon Hari Bhayangkara 2022, Siap Dibagikan ke WA dan FB

Pemekaran itu resmi berlaku bersamaan keputusan tiga rancangan undang-undang (RUU) tentang daerah otonomi baru di Papua, menjadi undang-undang (UU).

Keputusan tersebut disetujui oleh anggota dewan dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis (30/6/2022).

"Kami menanyakan sekali lagi kepada seluruh anggota, apakah rancangan undang-undang tentang pembentukan Provinsi Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan, dapat disetujui menjadi undang-undang?" tanya Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada peserta rapat, dikutip dari youtube TV Parlemen (30/6/2022).

Baca Juga: Jadwal Acara iNews TV Jumat 1 Juli 2022: Siaran Langsung Babak Perempatfinal Malaysia Open 2022

"Setuju," jawab para anggota dewan.

Halaman:

Editor: Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X