BERBAGI
Dinkes Batang saat meninjau kesiapan sarana prasarana vaksinasi, di Pasar Induk Kabupaten Batang, Jumat (12/3/2021)/Dok/Humas pemkab Batang

BATANG, Warta Nasional – Setelah selesai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk para pelayan publik khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri dan wartawan.

Pekan depan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang telah mempersiapkan 8 ribu pedagang di seluruh pasar untuk divaksin secara serentak.

Kepala Dinkes Batang, Muchlasin menyampaikan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya, termasuk sarana dan prasarana pendukungnya.

“Kami persiapkan dulu karena itu membutuhkan vaksin yang cukup banyak, sebab jumlah pedagangnya pun tidak sedikit. Rencananya paling cepat minggu depan dan tempatnya pun mungkin langsung di lingkungan pasar,” kata Kepala Dinkes Batang, saat meninjau kesiapan sarana prasarana vaksinasi, di Pasar Induk Kabupaten Batang, Jumat 12 Maret 2021.

Menurut Muchlasin, jika tempat vaksinasi tidak disatukan dengan tempat berdagang, dikhawatir akan mengganggu aktivitas jual beli di pasar.

“Kita dekatkan dengan pedagang di masing-masing pasar se-Kabupaten Batang dengan jumlah vaksin yang sama dengan pedagang,” jelas Muchlasin.

Kepala Dinkes Batang menambahkan, sampai saat ini vaksinasi hanya diperbolehkan untuk orang yang berusia 18 tahun ke atas. Sehingga anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun belum diizinkan untuk memperoleh vaksin Covid-19.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Pasar Batang, Anwar Rozikin menyetujui jika vaksinasi juga dilakukan kepada para pedagang pasar.

Anwar mendukung jika vaksinasi dilakukan di dalam pasar, karena kegiatan jual beli untuk memenuhi kebutuhan keluarga tetap terpenuhi.

“Di dalam pasar ada ruang kesehatan yang bisa digunakan secara bergantian, untuk menampung 10 orang tiap kali vaksinasi,” pungkas Anwar.