BERBAGI
Operasional pasar Rembang ditutup/Humas Pemprov Jateng

REMBANG, Warta Nasional – Para pedagang pasar menyambut baik rencana pencabutan kebijakan pembatasan waktu operasional pasar dan penutupan pasar pada setiap Jumat. Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Rembang, Ahmad Rif’an menjelaskan, pihaknya sudah bertemu dengan jajaran Pemkab Rembang, menyangkut masalah tersebut.

Muncul dua kesepakatan, yakni pedagang pasar boleh beroperasi sampai sore dan tidak lagi dibatasi hanya sampai pukul 13.00 WIB. Namun, tentu dengan tetap memperhatikan standar protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan ketua paguyuban pedagang pasar Rembang pada rapat membahas waktu operasional pasar di ruang rapat Sekda Kabupaten Rembang, Jumat 19 Maret 2021.

“Artinya pedagang bisa berjualan seperti semula. Nggak dibatasi lagi sampai pukul satu siang,” tutur Rif’an.

Selain itu, lanjut Rif’an, pasar tidak lagi tutup total pada Jumat, sebagaimana kebijakan sebelumnya yang mewajibkan tutup, untuk keperluan sterilisasi penyemprotan disinfektan.

“Kalaupun ada pedagang yang merasa sudah enak tiap Jumat tutup ya mangga, itu hak masing-masing,” papar Rif’an.

Disampaikannya, Jumat 19 Maret 2021 ini menjadi Jumat terakhir pasar tutup. Sedangkan, Jumat pekan depan 26 Maret 2021, semua pasar di Kabupaten Rembang buka kembali, termasuk Pasar Kota Rembang.

“Biar masyarakat tahu, ada perubahan kebijakan ini mas. Jangan ragu-ragu datang ke pasar. Semoga perputaran ekonomi akan semakin baik,” tandas Ketua paguyuban pedagang kota Rembang.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang Setyo Budi membenarkan, Jumat pekan ini merupakan hari terakhir pasar tutup dan Jumat pekan depan sudah buka normal lagi.

“Sambil kita juga melihat perkembangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro diperpanjang lagi atau tidak,” kata Setyo. (WN)