BERBAGI
Qurrota A’yun, mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam KKN MIT DR ke-11 saat bimbingan belajar kepada anak-anak/Tim KKN

SEMARANG, Warta Nasional – Qurrota A’yun, mahasiswa UIN Walisongo Semarang yang tergabung dalam KKN MIT DR ke-11 membuka bimbingan belajar bahasa inggris untuk siswa SD yang masih menjalani pembelajaran dari rumah. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, Jumat (15/01/2021).

Dinamakan English Area karena pelajaran yang diajarkan fokus mata pelajaran bahasa inggris. Pertemuan bimbel diadakan setiap Hari Kamis dan Jum’at jam 14.00 WIB. Yang mengikuti bimbel gratis ini meliputi murid SD kelas 5 dan 6. Materi yang diajarkan mulai dari cara pengucapan (pronounce) alphabet dalam bahasa inggris yang baik dan benar, menghafal alphabet, belajar angka dalam bahasa inggris, menghafal kosa kata sederhana dalam bahasa inggris, dan lain sebagainya. Pembelajarannya dibuat seperti bermain game atau quiz agar tidak merasa bosan.

Kegiatan bimbel gratis tersebut mendapatkan respon positif dari wali murid, “Alhamdulillah saya sebagai orangtua merasa senang dan terbantu dengan adanya kegiatan bimbel bahasa inggis ini. Anak saya jadi lebih termotivasi untuk mengasah skill berbahasa inggris.” ujarnya.

Yuichi Constantino Horison, salah satu peserta mengaku senang dengan program bimbel ini karena pelajaran yang disampaikan menarik dan tidak membosankan. “Materi yang disampaikan kak Yuyun seru, jelas, dan menyenangkan. Apalagi tadi belajarnya pakai quiz dan nyanyian ‘the wheels on the bus’ membuat saya semakin mudah dan semangat belajar bahasa inggris.” ungkapnya.

Sementara itu, mahasiswa KKN MIT-DR UIN Walisongo mengungkapkan alasannya mengadakan bimbel English Area tersebut
“Mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional jadi menurut saya penting sekali untuk diajarkan sejak dini karena itu akan mempermudah seseorang dalam berkomunikasi dan bergaul dengan lintas negara. Selain itu, melalui proker ini saya ingin membuktikan bahwa belajar bahasa inggris itu menyenangkan, tidak susah, dan tidak membosankan.” ungkapnya.(WN)