BERBAGI
Proyek pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Indoor Batang yang berada di Jalan Sutomo mengalami kendala cuaca saat ini, sehingga menjadikan pembangunan tidak selesai tepat waktu. (Foto: Humas Pemprov Batang)

BATANG, Warta Nasional – Proyek pembangunan Gedung Olahraga (GOR) Indoor Batang yang berada di Jalan Sutomo mengalami kendala cuaca saat ini, sehingga menjadikan pembangunan tidak selesai tepat waktu yang sudah ditentukan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Tata Bangunan Lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batang, Satrio Rah Wicaksono saat ditemui di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang  Kabupaten Batang, Selasa (29/12/2020).

“Pekerjaan proyek fisik dikerjakan oleh PT. Filia Pratama dengan waktu pelaksanaan 109 hari yang berakhir tanggal 31 Desember 2020. Selain kendala cuaca juga belum datangnya rangka penutup atap secara keseluruhan,” tuturnya.

Proyek yang menghabiskan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebanyak Rp13,6 miliar masih dicarikan solusi agar penyelesaiannya tepat waktu. Hari ini masih menghitung progresnya dan ada kemungkinan akan diperpanjang kontrak sehingga melampaui tahun anggaran.

“Perpanjangan permohonan waktu pengerjaan diperkirakan hingga dua minggu. Karena tidak sesuai dalam kontrak maka rekanan akan dikenai denda. Rekanan denda sendiri berjalan sebesar Rp13.000.000,00 per hari dan sisa pembangunan proyek pembayaran akan dibayarkan diperubahan anggaran tahun 2021,” terangnya.

Pembangunan GOR Indoor Batang ini merupakan pekerjaan besar, tetapi waktunya sempit karena ada pandemi Covid-19 sehingga tertunda dan terkena refocusing.

Diharapkan, pembangunan GOR Indoor tahap pertama selesai dan berharap beberapa hari kedepan cuacanya mendukung pengerjaan proyek ini, karena tahun depan akan lelang tahap dua pada bulan Januari tahun 2021.