BERBAGI
Pembangunan Islamic Center Batang di Dukuh Pertamanan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa (29/12/2020). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Pembangunan Islamic Center Batang dimulai pada hari ini bersamaan dengan penutupan fungsi pangkalan truk di Dukuh Pertamanan, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Batang, Selasa (29/12/2020).

Kendala pembagunan yang awalnya alat ekskavator yang sempat dihalangi dan diduduki puluhan penyewa kios, tetapi petugas Polres Batang langsung menangkap salah satu warga yang dianggap menjadi provokator.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang Murdiyono mengatakan, kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang dalam pembangunan Islamic Center Batang sudah melalui langkah-langkah yang baik, terutama sosialisasi terhadap masyarakat yang bersangkutan. Karena tanah yang tadinya Pangkalan Truk dialihfungsikan menjadi Islamic Center Batang.

“Dalam masa persiapan menjelang pembangunan Islamic Center Pemkab Batang memberikan uang kerahiman untuk membongkar kios dan penyewa lahan. Tapi hanya setengah yang mengambilnya dari total 104 penyewa kios dan penyewa lahan,” jelas Murdiyono.

Dijelaskan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Batang, hari ini Pemkab Batang tegas untuk memulai pembangunan Islamic Center Batang sesuai jadwal tidak ada tawar menawar lagi, karena batas pengembalian uang kerahiman terakhir 23 Desember 2020 dan mulai Januari 2021 tidak lagi memungut parkir dan sewa kios atau lahan.

Sementara, Kapolsek Limpung AKP Yourissa Prabowo mengatakan, kepolisian hanya dapat membantu pengamanan pembangunan Islamic Center Batang untuk menutup akses pintu masuk agar tidak ada lagi kendaraan masuk ke pangkalan truk.

“Salah satu orang kita tangkap, karena menghalangi proses pembangunan Islamic Center Batang dengan menduduki alat ekskavator yang dianggap sebagai provokator,” terang Kapolsek.