BERBAGI
Foto: Ilustrasi

PEKALONGAN, Warta Nasional – Pemerintah Kota bekerja sama dengan Kepolisian Resor Pekalongan Kota, Jawa Tengah, akan menyiapkan tiga jalur alternatif untuk mengantisipasi kemacetan di jalan utama pada saat arus mudik Lebaran 2019.

Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Didik Supriyadi di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa pemkot sudah mengawali persiapan pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2019.

“Kami sudah siapkan prasarana seperti rambu-rambu, barikade maupun sarana lain untuk membantu kelancaran lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran,” katanya, Kamis (09/05/2019).

Selain itu, kata dia, Dinhub juga bekerja sama dengan pihak terminal menyiapkan angkutan umum dalam rangka kebutuhan pemudik arus mudik maupun balik Lebaran 2019 dan pendirian pos pengamanan (pospam) sebanyak 4 pos yaitu pos terpadu yang sekaligus menjadi pos induk di depan Terminal.

Pada pos terpadu itu, disiapkan traffic counting untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas.

“Selanjutnya juga ada pos exit tol yang kita tempatkan yang lebih dalam yaitu berada di perempatan Kelurahan Sokoduwet karena di wilayah itu kerawanan juga tinggi,” katanya.

Sebanyak tiga jalur tersebut adalah jalur pertama melalui Jalan Merdeka-Jalan Imam Bonjol kemudian ke Jalan Salak-Jalan Bandung, Jalan Seruni, Jalan Ki Mangunsarkoro hingga Jalan Pattimura, serta keluar di depan Terminal Pekalongan.

Jalur alternatif kedua adalah arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Merdeka akan diarahkan ke Jalan Hayam-Jalan Dr Cipto kemudian berbelok ke Jalan Agus Salim-Sorogenen-Jalan Melati-Jalan Seruni-Jalan Ki Mangunsarkoro-Jalan Pattimura, dan keluar di depan jalan Terminal Pekalongan.

“Untuk jalur alternatif ketiga adalah arus lalu lintas kendaraan dari Jalan Pattimura diarahkan ke Jalan Ki Mangunsarkoro-Jalan Seruni-Jalan Bandung-Jalan Salak-Jalan Imam Bonjol hingga tembus Jalan Pemuda,” pungkasnya. (Ant/WN)