• Sabtu, 2 Juli 2022

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Sosialisasikan Pemilahan Sampah dan Ecobrick kepada Warga Dusun Ngabean

- Senin, 14 Februari 2022 | 10:51 WIB
kkn2
kkn2

KENDAL, Warta Nasional – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 25 Mandiri Intensif terpadu (MIT DR) 13 UIN Walisongo Smarang mengadakan kegiatan sosialisasi pilah sampah dan ecobrick yang dilaksanakan di Dusun Kliwonan, Desa Ngabean, Kecamatan Boja, Minggu (13/02/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan sisa barang dapat berguna kembali dan bermanfaat, pemilahan sampah yang teratur dapat pula mengurangi jumlah sampah yang terus bertambah. Tujuan lainnya dapat mengurangi sampah plastik karena sampah plastik merupakan barang yang sudah tidak terpakai yang pembuatannya dari bahan kimia dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang mengakibatkan limbah sampah plastik semakin meningkat.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh perwakilan setiap RT di Dusun Kliwonan dengan susunan acara dimulai dari pembukaan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua acara yaitu Ahmad Qomarudin, menurutnya “ pemilahan sampah sangat penting dilakukan karena untuk meningkatkan persentase daur ulang sampah dan mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA dan dengan adanya pelatihan ecobrick menambahkan kreativitas warga serta dapat dijadikan ajang lomba kerajian khususnya pada Desa Ngabean”

Sampah plastik kini menjadi momok bagi masyarakat. Penggunaan plastik yang semakin meningkat menyebabkan kerusakan lingkungan mulai dari mencemari tanah, menurunkan tingkat kesuburan tanah. Kegiatan pelatihan ecobrick sangat membantu Ibu-ibu Dusun kliwonan seperti yang dituturkan oleh perwakilan dari PKK yaitu Ibu Budi pada sambutannya “Dengan adanya pelatihan ini diharapkan kedepannya ecobrick dapat menjadi kegiatan rutinan Ibu-ibu Dusun Kliwonan dan berkelanjutan meskipun mahasiswa KKN sudah tidak bertugas di Dusun ini”

Setelah sosialisasi berlangsung kegiatan selanjutnya yaitu praktik pembuatan ecobrick oleh Ibu-ibu yang sudah dibagikan kelompok dan didampangi langsung dari Mahasiswa KKN MIT DR-13 kelompok 25, kegiatan ini berlangsung dengan lancar serta antusias yang luar biasa dari Ibu-ibu yang menghadiri kegiatan sosialisasi pilah sampah dan ecobrick. (WN)

Editor: Redaksi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X