• Minggu, 3 Juli 2022

Mahasiswa KKN-MP FISIP UIN Walisongo Sosialisasikan Budidaya Aquaponik di Desa Blimbing Kendal

- Kamis, 14 April 2022 | 14:59 WIB
Mahasiswa KKN-MP FISIP UIN Walisongo Sosialisasikan Budidaya Aquaponik di Desa Blimbing Kendal
Mahasiswa KKN-MP FISIP UIN Walisongo Sosialisasikan Budidaya Aquaponik di Desa Blimbing Kendal

WARTA NASIONAL - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Mandiri Pengakuan (KKN-MP) FISIP UIN Walisongo Semarang kembali melakukan pengabdian dengan membuat program pemberdayaan masyarakat.

Terdiri dari 4 mahasiswa Sosiologi dan 6 mahasiswa Ilmu Politik yang sebelumnya telah melakukan pengabdian melalui program Pejuang Muda Kementerian Sosial dengan lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kali ini pengabdian dilakukan di Desa Blimbing, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal dengan membuat program pemberdayan masyarakat melalui sosialisasi budidaya aquaponik.

Baca Juga: Jadwal Acara TV GTV Hari Ini, Kamis 14 April 2022: Saksikan Tayangan Rindu Suara Adzan dan Syair Ramadan

“Dari Usaha Menjadi Pengusaha dengan Budidaya Aquaponik" merupakan tema yang dipilih tim KKN-MP FISIP UIN Walisongo sebagai pemantik masyarakat agar mereka memiliki keinginan untuk mengembangkan aquaponik menjadi salah satu sampingan penghasilan mereka.

Koordinator KKN-MP FISIP UIN Walisongo yang sekaligus menjadi pemateri dalam sosialisasi Hanif Dwi Kurniawan mengatakan, alasan mereka memilih aquaponik sebagai program pemberdayaan karena di Desa Blimbing banyak warga yang memiliki kolam ikan namun belum dimanfaatkan sebagai media penanaman sayuran.

"Kami melihat banyak warga yang memiliki kolam ikan dan aquaponik dapat menjadi peluang penghasil double income dengan bahan yang mudah didapat dan praktis untuk dilakukan," katanya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Ismi selaku Sekretaris Desa Blimbing beserta jajaran perangkat desa lainnya, lalu turut hadir pula Dr. Mokh Sya’roni M.Ag. dan Ibu Ella Izzatin Nada M.Pd. selaku perwakilan dari LP2M UIN Walisongo, serta Bapak Endang Supriadi M.A sebagai perwakilan dari FISIP UIN Walisongo.

Mereka turut mengundang setiap perwakilan RT, RW, anggota PKK, dan anggota karang taruna Desa Blimbing sebagai sasaran utama sosialisasi ini.

Halaman:

Editor: Intan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X