• Minggu, 3 Juli 2022

PGRI Meminta Kemendikbudristek Selesaikan Perkara Guru PPPK

- Minggu, 22 Mei 2022 | 09:15 WIB
PGRI Meminta Kemendikbudristek Selesaikan Perkara Guru PPPK
PGRI Meminta Kemendikbudristek Selesaikan Perkara Guru PPPK

WARTA NASIONAL - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia( PGRI) Prof Unifah Rosyidi meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi( Kemendikbudristek) menuntaskan perkara guru yang lolos PPPK.

“ Dari 160. 000 guru yang lulus PPPK, baru 90. 000 atau 65 persen yang sudah memperoleh SK sebagai PPPK. Kemudian, dari 193. 000 guru yang lulus hingga saat ini belum jelas formasinya. Padahal dari awal digembar- gemborkan, jika tersedia untuk rekrutmen 1 juta guru,” ucap Unifah dalam kegiatan halal bi halal di Jakarta, Sabtu (21/5).

Dia menambahkan perihal itu merupakan permasalahan serius, sebab amanat dari UU Guru serta Dosen mengatakan kalau ketersediaan jumlah guru, kualitas, kompetensi, serta penyebarannya, dan kesejahteraan jadi tanggung jawab pemerintah pusat serta pemerintah daerah.

Baca Juga: Tata Cara Pendaftaran PPG dalam Jabatan 2022 Serta Kelengkapan Dokumennya

“ Belum lagi isu tidak terdapatnya peluang untuk para calon guru buat jadi ASN. Ini merupakan perkara serius, menyangkut keberlanjutan generasi muda yang potensial yang tertarik jadi guru,” kata dia lagi.

Tidak hanya itu, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan( LPTK) juga tidak jelas di dalam peta jalur ataupun RUU Sisdiknas. Oleh sebab itu, PGRI selalu bersifat kritis serta terbuka buat melaksanakan dialog.

Perkara sekolah swasta yang pada umumnya untuk menampung anak- anak yang tidak dapat masuk sekolah negara kurang dapat perhatian.

Baca Juga: Wow, Gaji PPPK 2022 Tembus Rp 6,7 Juta?, Berikut Daftar Lengkap Berdasarkan Golongannya

" RUU Sisdiknas yang dibikin tergesa- gesa pula jadi perhatian PGRI supaya persoalan- persoalan penting menyangkut masa depan bangsa itu hendaknya didiskusikan secara terbuka melibatkan para ahli serta masyarakat supaya jadi pedoman serta arah untuk kelangsungan pendidikan yang bermutu,” kata Unifah.

Halaman:

Editor: Siswanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X