• Jumat, 19 Agustus 2022

Teliti Keterpilihan Perempuan dalam Pilkada, Dosen UPGRIS Sri Suneki Raih Gelar Doktor

- Rabu, 1 Juni 2022 | 15:25 WIB
Teliti keterpilihan perempuan dalam Pilkada, dosen UPGRIS Sri Suneki meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Sosial Undip
Teliti keterpilihan perempuan dalam Pilkada, dosen UPGRIS Sri Suneki meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Sosial Undip

WARTA NASIONAL - Teliti keterpilihan perempuan dalam Pilkada, dosen UPGRIS Sri Suneki berhasil meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang.

Keberhasilan dosen UPGRIS Sri Suneki meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang tersebut, tak lepas dari disertasi yang diusungnya terkait sistem politik di Indonesia, yang sudah semakin terbuka dalam keterwakilan dan keadilan gender, termasuk dalam Pilkada.

Disertasi berjudul “Modal Keterpilihan Pemimpin Politik Formal Perempuan di Jawa Tengah: Studi Multi Kasus Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Kendal Periode 2015-2020” pun mengantarkan dosen UPGRIS Sri Suneki meraih gelar doktor dari Program Studi Doktor Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang.

Baca Juga: Ini Kondisi Terbaru Pelatih Persib Bandung Robert Alberts Usai Dilarikan ke Rumah Sakit, Bagaimana Hasilnya?

Dalam paparannya dosen UPGRIS Sri Suneki menilai, perempuan sebagai pihak yang sering mendapat perlakuan kurang adil dalam politik, kian hari semakin bebas untuk terlibat.

Indonesia bahkan pernah memiliki presiden perempuan , hal tersebut dinilainya sebagai sebagai bukti keberpihakan pada demokrasi dan keadilan gender.

Meski demikian, keterpilihan perempuan dalam pilkada bisa dianggap belum semasif calon pemimpin laki-laki.

Pada pemilihan Bupati 2015 silam, ada sedikitnya dua sosok perempuan yang sukses melenggang memenangkan kontestasi, yaitu Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Bupati Kendal Mirna Annisa.

Fakta itu kemudian diangkat oleh dosen Prodi PPKn Universitas PGRI Semarang, Sri Suneki, menjadi topik dalam disertasi yang berjudul “Modal Keterpilihan Pemimpin Politik Formal Perempuan di Jawa Tengah: Studi Multi Kasus Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Kendal Periode 2015-2020” di Program Studi Doktor Ilmu Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Diponegoro Semarang.

Halaman:

Editor: Arixc Ardana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X