• Jumat, 2 Desember 2022

Dies Natalis ke-57, Ini Deretan Capaian Unnes, SNMPTN Tertinggi, Peringkat 10 Nasional 891 Besar Dunia

- Rabu, 8 Juni 2022 | 18:40 WIB
Rektor Prof Fathur Rokhman dalam peringatan Dies Natalis ke-57 Unnes
Rektor Prof Fathur Rokhman dalam peringatan Dies Natalis ke-57 Unnes

WARTA NASIONALDies Natalis ke-57, ini deretan capaian Unnes, peringkat 10 nasional 891 besar dunia. Hal tersebut disampaikan Rektor Prof Fathur Rokhman MHum dalam peringatan dies natalis di kampus tersebut, Rabu 8 Juni 2022.

Fathur Rokhman menyampaikan rasa penuh syukur dan bangga pada peringatan Dies Natalis ke-57, Unnes terus bertumbuh menjadi lembaga pendidikan yang berwibawa dan reputasinya diakui semakin luas baik di tingkat nasional maupun internasional.

Sederet prestasi pun sudah ditorehkan Unnes hingga Dies Natalis ke-57 ini, termasuk menjadi perguruan tinggi paling diminati di seluruh Indonesia, dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2022.

Baca Juga: Kenalkan Astronomi dan Bidang Kebumian, Tim Pengabdian Jurusan Fisika Unnes Berkunjung ke MAN 2 Kudus

Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan dalam beberapa tahun terakhir, Unnes juga telah meletakkan fondasi akademik dan kelembagaan yang mapan sehingga menjadi perguruan tinggi berkelas dunia kebanggaan Indonesia.

Tak hanya itu, Prof Fathur Rokhman mengatakan pengakuan reputasi Unnes antara lain berasal dari UI Greenmetric yang menetapkan perguruan tinggi tersebut sebagai kampus terhijau peringkat 5 se-Indonesia dan peringkat 45 se-dunia.

"Sejak 2016, Unnes berhasil meraih akreditasi institusi unggul dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Lima belas program studi telah meraih akreditasi internasional AQAS dan empat lainnya telah meraih sertifikasi AUN-QA. Alhamdulillahirobilalamin, jumlah program studi yang terakreditasi A juga terus bertambah hingga persentasenya kini di atas 71 persen.,” jelas Prof Fathur.

Dalam publikasi lembaga internasional 4ICU, Unnes menduduki peringkat 10 nasional, 22 Asia Tenggara, 96 besar Asia, dan 891 besar dunia.

Unnes juga mendapatkan pengakuan dari QS Star Rating System sebagai perguruan tinggi berbintang dengan kecemerlangan akademik dan kepedulian sosial. Adapun Scimago Institution Ranking menempatkan UNNES pada peringkat 21 nasional.

Halaman:

Editor: Arixc Ardana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X