• Jumat, 2 Desember 2022

Belum Lama Diresmikan, TPQ Plus Al Qodar Semarang Terima 300 Santri Termasuk Para Lansia

- Kamis, 9 Juni 2022 | 13:23 WIB
Belum Lama Diresmikan, 66 Lansia Antusias Mengaji di TPQ Plus Al Qodar Semarang
Belum Lama Diresmikan, 66 Lansia Antusias Mengaji di TPQ Plus Al Qodar Semarang

WARTA NASIONAL - Gedung TPQ Plus Al Qodar setelah diresmikan oleh Kepala Kemenag Jawa Tengah H Mustain Achmad, SH MH, dan dihadiri para kiai sepuh MUI Jawa Tengah, pada 20 Mei 2022, kini gedung yang disebut Kepala Kanwil Kemenag Jawa Tengah sebagai termegah dan paling representatif di Jawa Tengah, menjadi sarana pembelajaran diniyah yang efektif bagi usia balita hingga lansia.

Menurut Kepala TPQ Plus Al Qodar, Choirul Ulil Albab M.Ikom, kepada pers, Kamis (9/6/22), jumlah santri aktif yang mengikuti pendidikan diniyah di TPQ Plus Al-Qodar mencapai lebih dari 300 santri, yang terdiri usia di atas lima tahun hingga 60 tahun.

Santri usia anak hingga pemuda masuk di Kelas Ali, Ustman, Umar, Abu Bakar, Hamzam dan Kelas Pemuda yang usianya di bawah 30 tahun.

Baca Juga: Segera Cair! Cara Cek Bansos PKH Tahap 2, Bulan Juni 2022 di cekbansos.kemensos.go.id dan Ini Kategorinya

Sedangkan santri usia 40-60 tahun ke atas, masuk Kelas Orang Tua, sebagai kelas baru yang pengajarannya dimulai 1 Juni 2022. Kelas tersebut tergolong dadakan, seiring permintaan masyarakat.

Hanya empat hari dibuka pendaftaran, peserta tercatat 67 orang, terdiri 39 perempuan dan 27 pria, yang kemudian dikelompokkan dalam empat kelas dengan empat guru.

Dua kelas untuk perempuan dan dua kelas untuk pria. Kelas Pemuda dan Kelas Orang Tua proses pengajarannya dilaksanakan di malam hari.

Rencananya, kata Ulil Albab, pada Agustus 2022, TPQ Plus Al Qodar akan membuka Kelas Balita dengan usia di bawah lima tahun. Kelas ini dibuka atas desakan masyarakat, yang jumlah pendaftarnya kini mencapai 25 balita. Kelas ini akan diselenggarakan pada pagi hari.

Untuk, Kelas Orang Tua akan dibuat rasio santri dengan pengajar 1: 20. sehingga untuk kelompok pria bisa ditambah hingga mencapai 40 orang, yang saat ini baru tercatat 27 orang.

Halaman:

Editor: Intan Hidayat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X