BERBAGI
Bupati Batang, Wihaji saat ditemui di ruang Command Center Diskominfo, Kabupaten Batang, Kamis (7/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang sudah diputuskan Presiden Joko Widodo menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN). Sehingga segala pembangunan infrastrukturnya dibiayai oleh Pemerintah pusat.

Guna menyosongsong di KITB, kementerian perdagangan juga berencana membangun gedung unit pelayanan terpadu metrologi legal.

Saat ditemui Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan, Rusmini di ruang Command Center Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis 7 Januari 2021 mengatakan, respon Pemerintah Kabupaten Batang sangat luar biasa membangun kepercayaan terhadap konsumen melalui tertib ukur atau metrologi.

“Oleh karena itu, untuk mendukung KITB, tahun 2022 akan dibantu melalui dana alokasi khusus unuk pembangunan UPT Metrologi legal,” kata Rusmini

Sebetulnya bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut di tahun 2020, tapi karena ada pandemi Covid-19 anggarannya ikut di rekofusing  pandemi Covid-19.

Dijelaskan Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan, selama ini bidang metrologi terkesan terpecah-pecah yaitu legal, industri dan ilmiah.

“Dengan kami bertemu Bupati Batang, maka untuk persiapkan kedepan kita lebih fokus dulu di UPT metrologi legal yang digarap,” kata Rusmini

Dengan berdirinya UPT metrologi legal di Batang, nantinya Pemkab Batang menjadi daerah yang tertib ukur, yang berdampak pada memunculkan kepercayaan masyarakat.

“Tertib ukur sangat berdampak pada meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Pemkab Batang, dan suka tidak suka investasi akan baik dan kesejahteraan masyarakat akan bertambah,” jelas Rusmini Kembali.

Kementerian perdagangan juga memberikan dukungan ke Pemkab Batang melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) juru tera.

“Untuk peningkatan SDM, juru tera Pemkab Batang kita latih dan bantu saran peralatanya,” ungkap Rusmini.