BERBAGI
( Foto: Istimewa)

PEKALONGAN, Warta Nasional – Berbagai informasi tentang pramuka kini bisa diakses langsung lewat dunia maya. Caranya juga mudah, cukup buka situs web kotapekalongan.pramukajateng.or.id dan dkc.kotapekalongan.pramukajateng.or.id

Kedua laman web tersebut diluncurkan secara resmi oleh Wakil Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah, Agung Suparyoko, di Ruang Amarta Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Senin (16/11/2020) Lalu. Peresmian laman web berbarengan dengan Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Pekalongan tahun 2020.

“Saya sangat mengapresiasi, website DKC (Dewan Kwartir Cabang) karya adik-adik pramuka Kota Pekalongan selaku kader. Website sebagai media informasi sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dan mengedukasi masyarakat,” ujar Agung.

Muscab, lanjut Agung, diharapkan dapat menjadi media rembugan seluruh peserta untuk menghasilkan program kerja yang lebih baik, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan kepramukaan, sebagai lembaga pembentukan karakter anak muda.

“Pramuka harus ikut berkontribusi di masyarakat. Karena masih dalam suasana pandemi, kami juga berperan aktif bersama-sama dengan pemerintah melawan dan mengedukasi masyarakat terkait pandemi Covid-19,” kata Agung.

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz menyampaikan kegiatan pramuka merupakan wadah positif yang dapat mengasah minat dan bakat anggota. Dirinya sangat berharap agar para pengurus Kwarcab Kota Pekalongan dapat memanfaatkan muscab sebagai ajang evaluasi program kerja yang sudah dijalankan agar dapat lebih baik.

“Kami berharap Muscab Gerakan Pramuka 2020 dapat segera dirumuskan sebagaimana poin empat Dasa Darma Pramuka, yakni patuh dan suka bermusyawarah. Pramuka sebagai wadah untuk anak muda yang dalam perjalanannya betul-betul patuh terhadap kebersamaan,” imbuh Saelany.

Terkait dengan kegiatan pramuka di tengah pandemi Covid-19, Saelany mendorong agar kegiatan pramuka dapat digiatkan kembali mengingat potensi kader-kader pramuka sangat luar biasa, meskipun frekuensi kegiatan berkurang.

“Meskipun kegiatan menurun karena anggaran juga terkena refocusing akibat pandemi Covid-19, ke depan harus digiatkan kembali. Terkait anggaran, akan kami penuhi untuk kemajuan Pramuka Kota Pekalongan,” tutur Saelany. (WN)