BERBAGI
Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri, I Pitut Krisyanta Nugraha/Dok/Humas Pemprov Jateng/

WONOGIRI, Warta Nasional – Untuk mengejar target penyuntikan vaksin Covid-19 bagi para nakes di Wonogiri, Pelayanan vaksinasi tersebut dilakukan hingga pukul 24.00 WIB.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri menunjuk UPTD Puskesmas Wonogiri I untuk melayani proses penyuntikan vaksin Covid-19.

Kepala UPTD Puskesmas Wonogiri I, Pitut Krisyanta Nugraha belum lama ini menyampaikan, ada sejumlah alasan kenapa UPTD Puskesmas Wonogiri I melayani penyuntikan vaksin sinovac untuk nakes sampai larut malam. Salah satunya adalah faskes tersebut mudah dijangkau dan juga siap dikerahkan sewaktu-waktu.

“Selain itu, juga untuk memfasilitasi nakes yang tidak bisa melakukan vaksinasi di siang hari karena sibuk bekerja,” kata Pitut lagi.

Ditambahkannya, Puskesmas Wonogiri I ditunjuk untuk melakukan vaksinasi hingga larut mulai 28 Januari hingga 30 Januari.

“Di hari pertama lembur dan sudah ada 100 nakes yang disuntik vaksin,” tambahnya.

Sementara sejak Kamis malam hingga Sabtu malam, pihaknya melakukan pelayanan vaksinasi hingga pukul 22.30 WIB. Ada tujuh petugas termasuk dirinya _standby_ di kantor.

Menurut Pitut, sempat ada nakes yang tertunda divaksin karena tensi darahnya tinggi.

“Tapi sekarang tidak perlu menunggu e-tiket baru, langsung datang bisa disuntik. Kalau memang memungkinkan divaksin dulu, datanya dimasukkan secara manual,” katanya.

Terkait stok vaksin, Pitut mengatakan stok vaksin dipastikan aman dan mencukupi. Karena ketika di Puskesmas stok menipis, pihaknya akan segera meminta stok dari Dinkes Wonogiri.

Berdasarkan data yang diolah Dinkes Wonogiri, hingga hari Sabtu, 30 Januari 2021 malam, tercatat sebanyak 3.328 nakes telah menerima vaksin. Jumlah tersebut telah mencapai 70,08 persen dari total target vaksinasi nakes sebanyak 3.786 orang.