BERBAGI
Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan sekaligus Ketua Persatuan Ahli Gizi Kota Pekalongan, Ismanto, (Foto: Humas Pemprov Jateng)

PEKALONGAN, Warta Nasional – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-61 yang jatuh tanggal 25 Januari 2021, membawa cara yang berbeda dalam memperingatinya, mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

Peringatan Tahun ini, tema yang diambil yakni Remaja Sehat, Bebas Anemia. Dengan mengangkat sub tema yaitu Gizi Seimbang, Remaja Sehat, Indonesia Kuat.

Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehatan sekaligus Ketua Persatuan Ahli Gizi Kota Pekalongan, Ismanto Selasa 26 Januari 2021 menyampaikan, sesuai dengan tema tahun ini, dimaknai sebagai ajakan, untuk mengonsumsi makanan yang bergizi dan seimbang, serta pentingnya berolahraga. Sebab menurutnya, asupan gizi dapat mempengaruhi pertumbuhan remaja.

“Tahun ini tidak ada perayaan atau seremonial seperti tahun sebelumnya. Tetapi untuk memaknai peringatan tersebut, kami tetap mengampanyekan melalui media sosial, memasang spanduk di setiap puskesmas, dan mendorong gerakan minum suplemen tambah darah bagi remaja putri,” ungkap Ismanto saat ditemui di Kantor Dinkes setempat.

Ismanto menambahkan, tiga dari 10 anak di Indonesia mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Di Kota Pekalongan, data survei per Agustus 2020 tercatat ada sekitar 9,6% anak yang mengalami anemia. HGN 2021, lanjutnya, menyoroti dua hal, yakni terjadinya anemia pada remaja dan stunting pada anak.

“Remaja wanita yang mengalami anemia, berisiko melahirkan anak stunting, mengalami berat badan lahir rendah, dan komplikasi saat hamil. Ini dapat dicegah, dengan menerapkan pola hidup sehat dan minum tablet penambah darah, bagi remaja putri setiap satu minggu sekali,” terang Ismanto.

Ismanto berharap, dari remaja yang sehat fisik dan jiwanya, ke depan dapat menjadi generasi unggul harapan bangsa.