BERBAGI
Panitia Pemilihan Kecamatan saat ikuti rapid test yang digelar KPU Tuban. (Foto: Humas Pemkab Tuban /chusnul)

TUBAN, Warta Nasional – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban kembali melakukan rapid test bagi 100 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 20 kecamatan se- Kabupaten Tuban, di aula KPU setempat, pada hari Senin 4 Januari 2021.

Kegiatan rapid test ulang pasca-Pilkada tersebut dilakukan guna memastikan kesehatan setiap badan ad hoc di tingkat kecamatan setelah pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan yang berlangsung pada 09 Desember 2020 lalu.

“Rapid test ini sebagai upaya KPU untuk memastikan kesehatan penyelenggara setelah pemungutan suara, khususnya PPK,” ujar Zakiyah

Dalam kegiatan tersebut, agenda yang direncanakan berlangsung selama dua hari dan diikuti sebanyak 100 orang PPK yang tersebar di 20 kecamatan.

Pihaknya memastikan, jika nantinya terdapat PPK yang dinyatakan reaktif akan diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Dan yang bersangkutan akan dipantau oleh pihak Puskesmas setempat terkait perkembangan kesehatannya.

“Ini adalah upaya KPU dalam penanganan Covid-19, jangan sampai terjadi klaster baru di dalam penyelenggara. Jika ada yang reaktif kita wajibkan untuk melakukan isolasi mandiri,” imbuh Zakiyah.

Dilanjutkan Zakiyah, satu-satunya komisioner perempuan di KPU Tuban ini berharap selain pelaksanaan Pilkada yang berlangsung ayem tentrem, panitia penyelenggara juga sehat setelah tahapan selesai.

“Kita pastikan setiap badan ad hoc benar-benar sehat, dan setelah pemilihan Bupati dan Wakil Bupati selesai panitia penyelenggara juga benar-benar sehat,” pungkas Zakiyah.