BERBAGI
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai dilantik, Rabu (23/12/2020), di Istana Negara, Jakarta. (Foto: Humas/Rahmat)

JAKARTA, Warta Nasional – Presiden Joko Widodo meminta Menteri Kesehatan yang baru dilantik, Budi Gunadi Sadikin untuk fokus menangani pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir. Jokowi berpesan, agar pandemi ini dapat segera ditangani sehingga aktivitas dan kehidupan masyarakat kembali normal.

Dalam penanganan pandemi, Menkes mengakui tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh Kemenkes, sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak.

“Kami harus lakukan secara inklusif, bergotong-royong, dan bersama-sama. Kami sangat membutuhkan dukungan dari seluruh komponen bangsa, baik itu asosiasi kedokteran, baik itu  pemerintah daerah, provinsi, kabupaten, dan kotamadya, serta seluruh teman-teman sekalian,” ujarnya.

Menkes berharap cara inklusif tersebut dapat segera bisa mengatasi pandemi COVID-19 dan Indonesia bisa segera pulih.

Mudah-mudahan segera kita bisa mengatasi pandemi COVID-19 ini dan kembali hidup normal untuk Indonesia masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Terkait proses pengangkatan dirinya menjadi Menkes, Budi Gunadi Sadikin menceritakan telah dihubungi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada minggu lalu dan kemudian diberitahu akan diberi tanggung jawab sebagai Menteri Kesehatan di awal minggu ini.

“Diberitahu bahwa diberikan amanah sebagai Menteri Kesehatan di awal minggu ini. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden atas amanahnya,” tutup Budi Gunadi Sadikin.