BERBAGI
Ratusan ASN dari berbagai OPD dan masyarakat melakukan kerja bakti di sepanjang Sungai Pelayaran, yang berada di jalur pantura dari Sayung hingga Buyaran, Rabu (24/3/2021)/Humas Pemkab Demak

DEMAK, Warta Nasional – Dalam Rangka memperingati hari jadi ke-518 Kabupaten Demak, Ratusan ASN dari berbagai OPD dan masyarakat pada hari Rabu (24/3/2021) melakukan kerja bakti di sepanjang Sungai Pelayaran, yang berada di jalur pantura dari Sayung hingga Buyaran.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Demak Masruh menyampaikan, sungai memiliki peran penting sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup disekitarnya.

“Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di dalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam,” jelas Masruh.

Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan Peningkatan Kapasitas Dinas LH Kabupaten Demak, selaku koordinator lapangan Kusdarmawan menyampaikan, hasil sampah yang didapat akan dilakukan proses pemilahan terlebih dahulu.

Untuk sampah daun, lanjutnya, akan melalui proses pengomposan di tempat pembuangan sampah (TPA) Kalikondang. Sedangkan untuk sampah yang tidak bisa terurai, akan dibawa ke TPA Candisari.

Dengan bersih-bersih sungai ini, pihaknya berharap, semua masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

“Karena sungai merupakan barometer, supaya tidak menimbulkan banjir,” pungkas Kusdamarwan.