BERBAGI
Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pemalang Ari Nirwanto diterima Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana dan Tim Pokja WBK Rutan Batang di ruang sekretariat WBK/WBBM di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang, Kamis (28/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang mendapat kunjungan dari Tim Kelompok Kerja (Pokja) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pemalang.

Rombongan yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Pemalang Ari Nirwanto diterima Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana dan Tim Pokja WBK Rutan Batang pada hari Kamis, 28 Januari 2021 di ruang sekretariat WBK/WBBM di Rutan Kelas IIB, Kabupaten Batang.

Kepala Rutan Pemalang Ari Nirwanto menjelaskan, maksud kedatangan rombongannya yakni untuk belajar dari Rutan Batang yang telah sukses meraih WBK Tahun 2020.

“Maksud kedatangan kami untuk belajar kepada Rutan Batang yang telah berhasil meraih predikat WBK,” kata Ari.

Setelah beraudiensi dengan Tim Pokja Rutan Batang, rombongannya berkesempatan melihat beberapa inovasi WBK Rutan Batang. Diantaranya ruang pendaftaran sesuai protokol kesehatan dan dilengkapi dengan sarana kunjungan online.

Rombongan juga berkesempatan melihat langsung kegiatan pembinaan kemandirian yang ada di Rutan Batang berupa budidaya cacing, produksi keset, keranjang, pot bunga dan lainnya.

“Kami mengamati inovasi pintu elektronik magnetik yang hanya bisa dibuka dengan kartu yang dipegang oleh petugas Penjaga Pintu Utama (P2U),” ujar Ari.

Kepala Rutan Pemalang, terkesan dengan sarana dan prasarana yang ada di Rutan Batang.

“Rutan Batang bagus dan nyaman, jadi berniat mengadopsi beberapa inovasi dari Rutan Batang untuk diterapkan di Rutan Pemalang,” tutur Ari.

Sementara itu, Kepala Rutan Batang Rindra Wardhana berterimakasih atas kunjungan dan respon positif dari Rutan Pemalang.

“Kami menyambut baik kedatangan rombongan tim Pokja WBK Rutan Pemalang tersebut dan mempersilahkan untuk mempelajari pembangunan Zona Integritas (ZI) di Rutan Batang,” jelas Rindra.

Kunjungan tersebut akan dijadikan sebagai cambuk untuk lebih berprestasi khususnya untuk mewujudkan target meraih predikat WBBM dari Kemenpan RB di tahun 2021 ini.

“Sebelumnya Rutan Batang berhasil mendapatkan predikat WBK dari Kemenpan RB pada Desember 2020 lalu, setelah berhasil lolos dalam seleksi dan penilaian baik oleh Tim Penilai Internal (TPI) Kemenkumham maupun oleh Tim Penilai Nasional (TPN) dari Kemenpan RB,” ujar Rindra.