BERBAGI
Asisten I Sekda KabupatenJepara Dwi Riyanto saat melepas mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu), yang akan kuliah kerja nyata (KKN) di aula gedung perpustakaan Unisnu, Senin (15/2/2021)/Dok/Humas Pemprov Jateng/

JEPARA, Warta Nasional – Untuk mempercepat program penanggulangan Covid-19, Para mahasiswa diminta turut serta membantu pemerintah dalam memulihkan aktivitas ekonomi dan tatanan sosial masyarakat sebagai dampak pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Bupati Jepara melalui Asisten I Sekda Kabupaten Jepara Dwi Riyanto saat melepas mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu), yang akan kuliah kerja nyata (KKN) di aula gedung perpustakaan Unisnu, Senin 15 Februari 2021.

Menurut Dwi, hadirnya KKN tersebut diharapkan dapat ikut mempercepat program penanggulangan Covid-19 di wilayah masing-masing. Di samping itu, turut memberikan solusi cara terbaik bagi masyarakat untuk bangkit dari pandemi.

“Masyarakat perlu diberikan stimulasi serta edukasi, agar mereka juga bisa beradaptasi dengan perubahan zaman,” ujar Dwi.

Dwi berharap, para mahasiswa dapat membantu meningkatkan kualitas pelaku UMKM. Penerapan teknologi dan penguasaan informasi, diyakini menjadi opsi yang tepat bagi pengusaha untuk bertahan. Dengan terjun langsung ke masyarakat, mahasiswa bisa lebih memiliki kepekaan yang terasah, serta melatih diri menjadi generasi yang solutif.

Terlebih lagi, lanjut Dwi, pada periode ini ada sedikitnya 624 orang mahasiswa Unisnu diterjunkan selama 40 hari. Di mana, mereka ditempatkan di daerah asal masing-masing, yang tersebar di sembilan kabupaten dan kota. Sehingga, proses pemulihan ekonomi masyarakat dapat segera terwujud.

Sementara itu, Rektor Unisnu Jepara Sadullah Assaidi mengatakan, KKN ini merupakan angkatan kesepuluh. Pihaknya sengaja mengusung tema “Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Sosial”, sehingga selaras dengan prioritas nasional. Sebab, ia tahu penanganan dampak pandemi Covid-19 bukan hanya tanggung jawab pemerintah.