BERBAGI
Tim KKN MIT Kelompok 71 UIN Walisongo Semarang saat memandu kegiatan senam pagi di Desa Kalikangkung, Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Minggu, 17 Januari 2021. Foto: Hulwatun Hadirotun Azizah/Kelompok 71 KKN MIT 11 UIN Walisongo.

SEMARANG, Warta Nasional РBertempat di halaman Rumah salah satu warga Desa Kalikangkung, telah dilaksanakan kegiatan senam pagi bersama pada Minggu 17, januari 2021.

Dengan batasan orang untuk menghindari kerumunan, sejumlah 12 orang ibu-ibu Desa Kalikangkung didampingi Mahasiswa KKN UIN Walisongo melaksanakan senam pagi yang diadakan pukul 07.00.

Hampir setahun berhenti, kegiatan senam ibu-ibu di Desa Kalikangkung ini dijalankan lagi oleh Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang.

Ada juga senam di hari minggu sore yang diadakan tak jauh dari Desa Kalikangkung, yang mendatangkan pelatih dari luar, dengan kisaran harga per satu kali senam 5000 rupiah.

Namun, hal itu tak membuat semangat ibu-ibu luntur mengikuti senam pagi gratis dengan Mahasiswa Tim KKN 71 UIN Walisongo Semarang.

Senam pagi di pandu oleh ibu ibu Desa Kalikangkung dengan Gerakan yang sudah biasa mereka lakukan.

Adapun senam pagi sangat bermanfaat untuk melatih otot otot tubuh, melancarkan peredaran darah agar lebih sehat dan segar.

Paparan sinar matahari juga sangat bagus bagi tubuh karena mengandung vitamin.

Senam pagi juga mampu memperkuat tulang dan melatih urat yang kaku, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan 2 sesi, setelah dipandu oleh ibu-ibu Desa Kalikangkung, perwakilan Tim KKN 71 UIN Walisongo memandu gerakan dengan lagu pilihan yang menaikkkan antusiasme warga.

Hal ini dilakukan dengan tujuan berpartisipasi dan menghidupkan kembali kegiatan senam pagi di Desa Kalikangkung.

Disamping itu Tim KKN 71 UIN Walisongo juga mengajak meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan Virus Corona (Covid-19).

Karena dalam situasi pandemi Covid-19 ini, salah satu yang harus terus dilakukan yakni melaksanakan pola hidup sehat selain 3M (Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) dengan senam pagi di bawah sinar matahari.

Selain menjaga kondisi kesehatan, kegiatan ini juga merupakan silahturahmi antar Ibu-ibu setelah beberapa bulan tidak melaksanakan kegiatan senam bersama di karnakan virus melanda.

Namun, tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Kegiatan ini juga merupakan anjuran Pemerintah dalam menjaga kesehatan tubuh di tengah masa pandemi Covid-19. (WN)