BERBAGI
Penandatanganan berita acara penyerahan hasil pekerjaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2021./ Humas Pemkab. Kendal

KENDAL, Warta Nasional – Penandatanganan berita acara penyerahan hasil pekerjaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Tahun 2021 oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc, Dandim Kendal Letkol Inf. Iman Widhiarto dan Kepala Desa Pesaren Ngahadi, Rabu 14 Juli 2021 di ruang paringgitan Kabupaten Kendal.

Acara itu dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal H. Windu Suko Basuki, S.H., Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, Forkopimda Kendal, Para Kepala Perangkat Daerah terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal, dan Camat Sukorejo.

Dalam laporannya Dandim Kendal Letkol Inf. Iman Widhiarto mengatakan bahwa Desa Pesaren merupakan desa terisolir yang membutuhkan fasilitas/sarana dan prasarana dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan sarana transportasi pedesaan di desa tersebut.

Baca Juga : Ganjar Sebut Mobilitas di Jateng Terus Mengalami Perbaikan hingga Angka 21 Persen

“Pelaksanaan kegiatan dimulai tgl 15 Juni sampai dengan 14 Juli 2021 dengan kegiatan kegiatan fisik yaitu pengecoran jalan 600 M x L. 2,5 M x 15 CM selesai 100%. Kegiatan non fisik, yaitu penyuluhan Wasbang, penyuluhan hukum dan Kantibmas, dan penyuluhan keluarga sejahtera,” imbuhnya.

Lanjut Dandim Kendal, adapun dukungan dana diantaranya APBD Provinsi Jawa Tengah Rp. 150.000.000, APBD Kabupaten Kendal Rp. 100.000.000, dan Swadaya masyarakat RP. 25.000.000 dengan jumlah Rp. 275.000.000.

“Harapannya setelah selesainya pembangunan ini dapat memperlancar transportasi, memperlancar roda perekonomian desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Pesaren dan sekitarnya,” ujar Komandan Kodim Kendal Letkol Inf. Iman Widhiarto.

Dalam sambutannya Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran TNI, aparat Kecamatan dan Desa, serta semua tokoh masyarakat dan warga Pesaren karena pada akhirnya, pembangunan TMMD telah berhasil diselesaikan.

“Ini merupakan kerja kita bersama dengan program lintas sektoral dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya pada kawasan tertinggal, terisolasi serta meningkatkan kelancaran transportasi dari kawasan pedesaan, meningkatkan keamanan dan mampu mendorong masyarakat untuk membangun desanya,” tutur Bupati Dico.

Bupati Kendal berharap, ada manfaat yang dirasakan masyarakat dengan masuknya program TMMD ke Desa, walaupun masih dilanda wabah Covid-19. Semoga apa yang sudah dikerjakan selama ini bisa berguna dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Pada kesempatan ini, saya berpesan kepada Camat Sukorejo dan Kepala Desa Pesaren beserta jajarannya untuk diteruskan ke seluruh warganya agar selalu menjaga dan merawat dengan sebaik-baiknya yang sudah dibangun dari hasil pelaksanaan program TMMD yang sudah selesai ini,” lanjut Bupati Dico.

Baca Juga : BNPB Telah Selesaikan Sinkronisasi dan Verifikasi Data Bencana Indonesia 2020

Menurut Kepala Desa Pesaren Ngahadi, pembangunan ini sangat bermanfaat sekali bagi masyarakatnya.

“Pembangunan Rabat Beton ini sangat bermanfaat sekali, karena lebih mempermudah masyarakat saat mengakses jalur transportasi terutama memberikan kemudahan bagi para petani di Desa Pesaren dan sekitarnya saat panen tiba,” ujarnya.