BERBAGI
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Foto: Istimewa

SEMARANG, Warta Nasional – Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, Jawa Tengah, menganugerahi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC).

“Gelar doktor adalah gelar akademik. Maka kami menilainya (Menteri Susi Pudjiastuti, red.) juga secara akademik,” kata Rektor Undip Semarang, Prof. Dr. Yos Johan Utama S.H. M.Hum di Semarang, Jumat (2/12).

Menurut dia, aspek akademik yang dimaksud adalah metode dalam melakukan suatu kebijakan yang selama ini dilakukan Susi sehingga bukan semata-mata karena menjabat sebagai menteri.

Ada beberapa aspek akademik dalam kebijakan Susi, kata dia, yakni kedaulatan, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar sehingga kedaulatan adalah sangat penting.

“Kedua, keadilan. Bu Susi melihat bagaimana praktik yang selama ini terjadi di lapangan, khususnya di bidang kelautan dan perikanan sehingga berupaya menciptakan keadilan,” katanya.

Kebijakan Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, lanjut dia, juga didasari aspek “sustainable” (berkelanjutan), salah satunya larangan penangkapan lobster dan kepiting di bawah 200 gram.

Selain itu, kata dia, Susi juga mendasarkan kebijakannya untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya nelayan yang kesemuanya dilihat dalam praktiknya di lapangan.

“Meski tidak lulus SMA, kami melihat Bu Susi memenuhi dalam penilaian secara akademis. Apalagi, beliau juga mendapatkan sertifikat BSNP dengan nilai atau level sembilan,” katanya.

Artinya, kata Yos, Susi layak untuk mendapatkan gelar doktor kehormatan secara akademis atas jasa dan kiprahnya selama ini dalam memajukan bidang kelautan dan perikanan Indonesia.

Sementara itu, Ketua Senat Akademik Undip Prof Sunarso membenarkan telah memberikan persetujuan atas permohonan pengusulan penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Susi Pudjiastuti.

“Rangkaian prosesnya panjang, diawali usulan Dekan dan Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip karena melihat prestasi yang luar biasa dalam bidang yang digelutinya,” katanya.

Apalagi, kata dia, diperkuat pula dengan sertifikat BSNP yang mampu diraih Susi dengan level sembilan, atau skor yang setara doktor sehingga layak apabila mendapatkan gelar doktor kehormatan.

Rencananya, penyematan gelar doktor kehormatan Undip kepada Susi Pudjiastuti dilangsungkan Sabtu, 3 Desember 2016 di Gedung Prof Sudharto, kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.

Susi akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul “Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia”. (Ant)