BERBAGI
Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali pada kelompok lanjut usia (lansia), dimulai Senin (15/3/2021)/Dok/Humas Pemkab Boyolali

BOYOLALI, Warta Nasional – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Boyolali pada kelompok lanjut usia (lansia), di mulai pada Senin 15 Maret 2021 yang dilaksanakan di depan kantor setda. Vaksinasi massal ini diberikan kepada lansia yang berumur 60 tahun keatas.

Kepala Dinkes Kabupaten Boyolali, Ratri S. Survivalina mengatakan bahwa pelaksanaan vaksin yang dimulai dari pukul 08.00 ini akan sedikit berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi pada sebelumnya karena lansia membutuhkan skrining yang lebih teliti.

“Kita harus teliti minimal paling tidak ada lima unsur kerentanan yang dilakukan skrining. Mereka tidak boleh lebih dari dua unsur kerentanan tersebut yang mereka termasuk di dalamnya,” terang perempuan yang kerap disapa Lina ini.

Kelima unsur tersebut antara lain kemampuan menaiki sepuluh anak tangga, tingkat kelelahan, tingkat kemampuan berjalan sejauh 100-200 meter, tingkat penurunan berat badan dan penyakit penyerta (komorbid) yang diderita.

Bupati Boyolali, M. Said Hidayat yang meninjau pelaksanaan vaksinasi berharap langkah pemerintah dalam vaksinasi ini mampu mengatasi pandemi Covid-19 sesuai dengan standar dan jadwal dari pemerintah.

“Seluruh masyarakat Kabupaten Boyolali, seluruh masyarakat Indonesia secara luas untuk semua dapat segera kembali hidup normal. Vaksinasi secara bertahap kita laksanakan sesuai dengan apa yang kita terima kita selesaikan dengan tahapan-tahapan,” ungkap Bupati Said.

Salah satu warga penerima vaksin, Sri Ardiningsih mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah memberikan kesempatan kepada para lansia untuk mendapatkan prioritas vaksinasi Covid-19.

“Mudah-mudahan dengan vaksin bebas Covid-19 di Boyolali ini pandemi segera berlalu sehingga semua kegiatan dilakukan kembali seperti sebelum ada pandemi,” kata perempuan yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Boyolali ini.

Selain itu, Dinkes Kabupaten Boyolali masih terus menyelesaikan vaksinasi ke tenaga pendidik khususnya guru TK, PAUD dan SD.

Pada hari Selasa 16 Maret 2021, akan dilakukan vaksinasi ke guru SMP. Sehingga dengan adanya vaksinasi ini proses belajar mengajar akan kembali normal, anak didik dan guru dapat bertatap muka untuk melanjutkan proses belajar mengajar yang telah tertunda sekian lama.