BERBAGI
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menyerahkan bantuan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH)/Dok/Humas Pemprov Jateng/

SEMARANG, Warta Nasional – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen pada hari Jumat 5 Febuari 2021 menyerahkan bantuan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), kepada 50 warga yang kurang mampu di Jawa Tengah.

Bantuan tersebut diserahkan Wagub, di Gedung F Sekretariat Daerah Jawa Tengah. Masing-masing penerima mendapatkan bantuan sebesar Rp12.5 juta untuk perbaikan rumah supaya layak huni.

Gus Yasin, sapaan akrab Taj Yasin, mengatakan untuk merealisasikan perbaikan RTLH yang tersebar di 35 daerah Jawa Tengah, perlu adanya sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota, serta pihak swasta dan masyarakat.

“Kita terus berupaya menurunkan RTLH di Jateng. Termasuk adanya gotong royong di lingkungan Pemprov Jateng, yakni program Satu OPD Satu Desa Dampingan, serta CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan yang kita arahkan untuk membantu program pemerintah provinsi sehingga cakupannya akan lebih banyak,” tutur Gus Yasin.

Wagub mengatakan, bantuan pemugaran RTLH dengan total Rp625 juta itu berasal dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng Rp500 juta, dan APBD Provinsi Jawa Tengah Rp125 juta.

“Saya juga berharap Baznas kota dan kabupaten di Jawa Tengah, serta Baznas lembaga-lembaga lain seperti NU (Nahdlatul Ulama), Muhammadiyah dan sebagainya, saling berkoordinasi untuk bersama-sama membantu membantu mengentaskan kemiskinan,” sambung Gus Yasin.

Sementara itu, salah satu penerima bantuan rehab RTLH Suarsih (89) warga Kelurahan Panjangan, Kecamatan Manyaran, Kota Semarang, mengaku senang dan terus mengucap syukur serta terima kasih atas bantuan yang ia dapatkan.

Kula remen sanget angsal bantuan niki (saya sangat senang menerima bantuan ini). Griya kula samput reotpaling elek sak RT (rumah saya sudah rusak dan paling jelek di RT). Syukur alhamdulillah dapat bantuan RTLH,” ucap Suarsih usai menerima bantuan perbaikan RTLH.