BERBAGI
Kepala Disdukcapil Kabupaten Batang Abdul Rahman saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kabupaten Batang, Kamis (14/1/2021). (Foto: Humas Pemkab Batang)

BATANG, Warta Nasional – Pada masa pandemi Covid-19, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang melaksanakan layanan kependudukan baik secara offline ataupun online lewat pelayanan daring.

Pelayanan kependudukan sendiri masih dibatasi dengan mentaati protokol kesehatan, Disdukcapil Kabupaten Batang mampu mencapai target perekaman KTP Elektronik untuk tahun 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala Disdukcapil Kabupaten Batang Abdul Rahman saat ditemui di Kantor Disdukcapil Kabupaten Batang, Kamis (14/1/2021).

“Bahwa pencapaian layanan kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Batang pencapaiannya tembus 100,35%, target perekaman KTP elektronik ditetapkan secara nasional oleh Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Dukcapil Kementrian Dalam Negeri tahun 2020,”  Kata Abdul Rahman.

Dijelaskan kembali, lanjut Disdukcapil, Target Pemerintah pusat untuk perekaman sekitar 25.000 KTP elektronik untuk Kabupaten Batang sendiri, alhamdulillah perekaman dapat melampui sampai sekitar 88.000 KTP elektronik.

Pelayanan pada masa pandemi Covid-19 tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan, petugas pelayanan untuk di desa dilengkapi dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) sehingga perekaman KTP elektronik tetap berjalan lancar.

Sementara, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Batang Muhamad Soleh mengatakan, Sebetulnya proses pembuatan KTP elektronik itu cepat.

“Proses pembuatan KTP elektronik pada pagi hari, desa-desa merekap data calon pembuatan KTP elektronik, sehingga pada sore harinya data terkirim kantor Disdukcapil Kabupaten Batang yang langsung dilakukan pencetakan KTP elektronik,” terang Muhamad Soleh.

Diharapkan, Dengan melihat pecapaian yang sudah memenuhi target dan kita punya data rekapnya untuk tahun depan keluhan lamanya pembuatan KTP elektronik dari masyarakat sudah tidak ada.