BERBAGI
Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnaen. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

DEMAK, Warta Nasional – Masyarakat diminta tidak mempercayai pesan yang beredar via WhatsApp terkait penyaluran bantuan Presiden RI, yakni program bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM) yang akan segera dibuka.

Di mana dalam pesan tersebut, terdapat ajakan kepada warga yang memiliki usaha mikro untuk segera mendaftar agar tidak terlambat dan segera mendapat bantuan.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Demak Iskandar Zulkarnaen menyampaikan, informasi terkait penyaluran BPUM yang beredar via WhatsApp adalah tidak benar alias hoaks.

”Berita yang beredar di WhatsApp itu tidak benar atau hoaks, dan kami sudah mengedarkan surat yang isinya menegaskan bahwa pendataan bantuan produktif usaha mikro BPUM tahun 2021 belum dibuka kembali. Sebab, belum ada petunjuk teknis dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,” jelasnya saat dihubungi, Rabu (13/1/2021).

Dengan bunyi pesan seperti, “Monggo Banpres BPUM tahap tahun 2021 sdh dibuka. Warga yg betul-betul mempunyai usaha mikro jgn sampe kelewatan. Hajar Bro,” lanjut Iskandar, bisa menjadikan masyarakat resah. Dan dirinya khawatir, ada masyarakat yang menjadi korban penipuan.

Ditambahkan Iskandar, jika masyarakat mendapatkan pesan dan link bantuan tersebut melalui media sosial, harus waspada.

“Dan disilakan dicari dulu kebenarannya agar tidak dirugikan atas informasi tersebut,” pungkas Iskandar.