BERBAGI
Rapat Kerja DPC Geomaritim Kendal bersama DPF Geomaritim Jawa Tengah di Ruang Serbaguna Gedung DPRD Kendal, sabtu (21/11) (Foto : Agus Riyadi/WN)

KENDAL, Warta Nasional – Organisasi masyarakat (ormas) Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Poros Maritim Indonesia (Geomaritim) Kabupaten Kendal akan mengoptimalkan wilayah pesisir untuk kemakmuran warga Kendal.

Hal itu terkait sebagai daerah yang memiliki bibir pantai sepanjang 42 kilometer dengan segala potensi yang dimilikinya.

Tidak sekedar menggali dan mengoptimalkan segala potensi yang ada, DPC Geomaritim Kendal juga membahas segala dampak yang akan diakibatkan dari dimulainya pembangunan lebih dari 1000 hektar lahan yang ada di pesisir Kendal sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK).

Hal ini mengemuka dalam rapat kerja DPC Geomaritim Kendal bersama dengan DPD Geomaritim Jawa Tengah yang digelar di Ruang Serbaguna Gedung DPRD Kendal, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Ketua DPC Geomaritim Kendal, Bima Bayuaji, dimulainya pembangunan kawasan pesisir sebagai KEK tentu akan ada efek bias dari lingkungan pantai.

“Dampak tersebut setidaknya bisa diantisipasi sejak dini,” kata Bima.

Dia juga mengatakan, sebagai edukasi bagi warga pesisir Kendal, beberapa kali telah dilakukan penanaman cemara laut dan bakau di wilayah pesisir untuk mengantisipasi terjadinya abrasi.

Bima dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, di Kendal ada 3 Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang memasok hasil perikanan dari laut kurang lebih 15 ton perbulan. Hasil tersebut hanya dua ton yang dikonsumsi warga Kendal dan selebihnya ada 13 ton dikonsumsi warga luar Kendal.

“Sistem pengelolaan jangka panjang hasil perikanan laut sampai saat ini masih menjadi PR bersama agar hasil perikanan laut memiliki nilai jual lebih,” ungkapnya.

Rapat kerja yang diikuti segenap jajaran pengurus DPC Geomaritim Kendal dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Tengah, Eko Setiowati Rejeki, Sekretaris DPD Geomaritim Jawa Tengah Samuel Adhim, Ketua Bidang OKK DPD Geomaritim Jawa Tengah, Didik Junaedi dan dua anggota DPRD Kendal yang menjabat sebagai Pembina DPC Geomaritim Kendal, yakni Wakil Ketua Komisi B Irwan Subiantoro dan anggota Komisi C Teguh Santosa.

Struktur organisasi DPC Geomaritim Kendal terdiri dari Ketua Bima Bayuaji, Sekretaris Oktavian Dimas Winggar, Bendahara Roji, Bidang Kaderisasi Keanggotaan Maritim Nur Asikin, Wakil Ketua Bidang Informasi Hukum dan Kerjasama Maritim Jack Ajisaka, Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM Maritim Khafid Rizal, Ketua Bidang Konservasi Maritim Misbah, Bidang Pemberdayaan Perempuan Maritim Ifah Kanaya, Bidang Pengkaderan Rofiq, wakil Sekretaris Pembangunan Maritim Amel, Wakil Sekretaris Pariwisata dan Budaya Bahari Afriansyah W, Wakil Sekretaris Perberdayaan Maritim Abdul Rokim dan Wakil Sekretaris Penelitian Pengembangan dan Pelatihan Maritim Dody Ardo.

Sementara itu, Ketua DPD Geomaritim Jawa Tengah, Eko Setiowati Rejeki mengatakan, tujuan dari didirikannya Ormas Geomaritim Indonesia adalah sebagai wadah berkumpul dan berserikat bagi masyarakat kemaritiman Indonesia.

Tak hanya itu ormas ini juga untuk mendukung dan mensosialisasikan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tertanggal 20 Februari 2017 Tentang Kebijakan Kelautan Indonesia dan Program Nawacita Pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Ada beberapa tujuan berdirinya Geomaritim Indonesia di antaranya untuk mengawal kebijakan Kelautan Indonesia sebagaimana yang tertuang dalam Perpres Nomor 16 Tahun 2017 atau sebagaimana Pidato Bapak Jokowi saat Pelantikan sebagai Presiden tanggal 20 Oktober 2014 lalu dimana beliau mengatakan kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim,” terangnya,

Lebih lanjut dia mengatakan, Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas dengan potensi sumber daya kelautan yang melimpah sehingga perlu dikelola secara optimal dan berkelanjutan.

“Pengelolaan itu dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia serta dalam upaya memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat,” tandasnya.

Di akhir rapat kerja, Ketua DPD Geomaritim Jawa Tengah melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan kepada pengurus DPC Geomaritim Kendal.

Ketua Bidang OKK DPD Geomaritim Jawa Tengah Didik Junaedi mengucapkan selamat atas dikukuhkannya kepengurusan DPC Geomaritim Kendal.

“Saya ucapkan selamat bekerja bagi kawan-kawan di DPC Geomaritim Kendal. Kami dari DPD Jawa Tengah selalu siap untuk memberikan pendampingan kepada DPC Geomaritim Kendal,” pungkasnya. (WN-007)